Procedure dan Function pada Delphi (SUBRUTIN)

Procedure
Procedure merupakan bagian program yang menjalankan blog program tertentu pada saat dipanggil kembali ke bagian yang memanggil procedure tersebut. Suatu procedure dapat dipanggil dan dijalankan lebih dari satu kali.

proceduse and function

Procedure memiliki 2 bentuk, yaitu : procedure dengan parameter dan procedure tanpa parameter. Bentuk umum penulisan procedure adalah sebagai berikut :
a.    Procedure tanpa parameter
procedure < nama procedure > ;
begin
    < pernyataan >;
end;

nama procedure hanyalah penamaan saja, anda dapat memberikan nama apapun untuk suatu procedure. Aturan dalam pemberian nama procedure sama dengan aturan penamaan variabel.

Pernyataan merupakan blok program yang akan dikerjakan ketika procedure dipanggil.

b.    Procedure dengan parameter
procedure < nama procedure > (< parameter ke-1>, .., < parameter ke-n >) ;
begin
    < pernyataan >;
end;

Parameter merupakan informasi yang diberikan kepada procedure, penamaan parameter ini juga sama dengan penamaan variabel. Dalam memberikan parameter suatu procedure anda harus menentukan juga tipe datanya.

Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa contoh procedure beserta cara pemanggilan procedure berikut :
procedure tampilkan_nama;
begin
    Label1.caption := “Mukhamad Rintaufani”;
end;

Potongan program diatas adalah procedure tanpa parameter, saat procedure ini dipanggil maka komponen label dengan nama Label1 pada form akan menampilkan teks “Mukhamad Rintaufani”.

procedure hitungluas (p : integer; l : integer);
begin
    luas := p * l;
    label2.caption := inttostr(luas);
end;

potongan program diatas adalah procedure dengan 2 parameter yaitu p dan l dengan tipe integer. Ketika procedure ini dipanggil maka program akan menghitung luas dengan rumus p * l. nilai p dan l akan tidaklah pasti, tergantung pemberian nilai parameter pada saat pemanggilannya. Setelah itu program akan menampilkan hasil luas ke komponen label yang memiliki nama label2.

cara memanggil procedure tersebut adalah :

tampilkan_nama;

Code diatas digunakan untuk melakukan pemanggilan procedure tampilkan_nama. Dengan demikian program akan menjalankan blok program yang terdapat dituliskan pada procedure tersebut.

hitungluas (10, 5);

Code diatas digunakan untuk memanggil procedure hitung luas dengan memberikan nilai parameter p adalah 10 dan nilai parameter l adalah 5. Dengan demikian maka program akan menjalankan blok program yang dituliskan pada procedure ini, dan menghasilkan nilai luas adalah 50.

Function
Function adalah bagian program yang menjalankan blok program tertentu pada saat dipanggil oleh ke bagian yang memanggilya. Berbeda dengan procedure, suatu function harus memiliki nilai kembalian (return value). Function juga dapat dipanggil atau dijalankan lebih dari satu kali.
Bentuk umum penulisan function adalah seperti berikut :
function < nama_function > (< parameter ke-1 >, .. ,< parameter ke-n >): Tipe;
begin
    < pernyataan >
end;

-       nama function hanyalah penamaan saja, anda dapat memberikan nama apapun untuk suatu function. Aturan dalam pemberian nama function sama dengan aturan penamaan variabel.
-       Pernyataan merupakan blok program yang akan dikerjakan ketika function dipanggil.
-       Parameter merupakan informasi yang diberikan kepada function, penamaan parameter ini juga sama dengan penamaan variabel. Dalam memberikan parameter suatu function anda harus menentukan juga tipe datanya.
-       Tipe merupakan tipe data dari nilai yang akan dikembalikan. Tipe ini dapat berupa apa saja, seperti integer, double, string, variant dsb.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut :
function diskon (persendiskon : integer; harga : double):double;
var disc : double;
begin
    disc := harga * persendiskon / 100;
end;

Potongan program diatas digunakan untuk menghitung jumlah diskon. Jika dipanggil dengan cara :

X := diskon (5, 100000);

Maka nilai X akan berisi hasil dari nilai kembalian function terkait. Pada kasus ini berarti nilai X adalah 5000 yang didapat dari 100000 * 5 / 100.

sumber :
-  Panduan Lengkap Pemrograman Borland Delphi 5.0, Penerbit Andi, 2001.

baca juga :
perulangan for pada pemrograman delphi
perulangan while do delphi
pernyataan case of delphi
Previous
Next Post »