Membuat
suatu program tidak akan lepas dari percabangan / keputusan. Dalam kehidupan
nyata suatu permasalahan dapat diselesaikan dengan tepat jika keputusan yang
diambil juga tepat. Misalkan saja kita ingin membuat minuman, teh hangat? Atau
kopi hangat? Atau susu hangat? Atau es teh?. Inilah yang disebut dengan
percabangan.
Sebagai
contoh kita akan mengambil permasalahan sederhana, menghitung luas persegi
panjang atau menghitung luas lingkaran. Algoritma permasalahan ini adalah
sebagai berikut :
(1)
Mulai
(2)
Tampilkan
pilihan :
a.
luas
persegi panjang
b.
luas
lingkaran
(3)
masukkan
pilihan
(4)
jika
pilihan = a maka kerjakan langkah 6 sampai 10
(5)
jika
pilihan = b maka kerjakan langkah 11 sampai 16
(6)
masukkan
nilai panjang
(7)
masukkan
nilai lebar
(8)
luas
= panjang * lebar
(9)
tampilkan
luas
(10)
ke
langkah 15
(11)
inisialisasi
nilai phi = 3.14
(12)
masukkan
nilai jari-jari
(13)
luas
= phi * jari-jari * jari-jari
(14)
tampilkan
luas
(15)
selesai
Dari
algoritma diatas kita akan membuat flowchart
. flowchart nya adalah sebagai
berikut :
baca juga :
Algoritma dan Pemrograman, Pengertian dan Contoh
Pengenalan Flowchart, Simbol dan Fungsi
Contoh Flowchart Program
Algoritma dan Pemrograman, Pengertian dan Contoh
Pengenalan Flowchart, Simbol dan Fungsi
Contoh Flowchart Program
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon