Flowchart dengan keputusan / percabangan (decision)

Membuat suatu program tidak akan lepas dari percabangan / keputusan. Dalam kehidupan nyata suatu permasalahan dapat diselesaikan dengan tepat jika keputusan yang diambil juga tepat. Misalkan saja kita ingin membuat minuman, teh hangat? Atau kopi hangat? Atau susu hangat? Atau es teh?. Inilah yang disebut dengan percabangan.
Sebagai contoh kita akan mengambil permasalahan sederhana, menghitung luas persegi panjang atau menghitung luas lingkaran. Algoritma permasalahan ini adalah sebagai berikut :
(1)          Mulai
(2)          Tampilkan pilihan :
a.    luas persegi panjang
b.    luas lingkaran
(3)          masukkan pilihan
(4)          jika pilihan = a maka kerjakan langkah 6 sampai 10
(5)          jika pilihan = b maka kerjakan langkah 11 sampai 16
(6)          masukkan nilai panjang
(7)          masukkan nilai lebar
(8)          luas = panjang * lebar
(9)          tampilkan luas
(10)       ke langkah 15
(11)       inisialisasi nilai phi = 3.14
(12)       masukkan nilai jari-jari
(13)       luas = phi * jari-jari * jari-jari
(14)       tampilkan luas
(15)       selesai

Dari algoritma diatas kita akan membuat flowchart . flowchart nya adalah sebagai berikut :
 


Previous
Next Post »