Contoh DAD Dalam Perancangan Sistem

Membuat Diagram Arus Data (DAD) seringkali mengharuskan analis untuk membuat beberapa level atau tingkatan. Level paling dasar dari DAD disebut diagram konteks atau dalam beberapa referensi disebut juga dengan diagram level 0, diagram dengan level yang lebih tinggi akan memberikan gambaran yang lebih terperinci dari suatu proses.
Supaya lebih paham kita akan mengerjakan studi kasus mengenai peminjaman dan pengembalian buku. dalam kasus peminjaman dan pengembalian buku ini, pertama buatlah diagram level 0 atau diagram konteks.

Gambar 1. Diagram Konteks
Pada diagram konteks diatas menunjukkan bahwa anggota akan memberikan input ke sistem berupa data identitas, kemudian petugaslah yang akan menginput data buku dipinjam maupun dikembalikan, sedangkan sistem akan memberikan konfirmasi ke anggota dan laporan kepada petugas.
Dalam diagram konteks memang belum terlihat jelas bagaimana alur datanya, oleh karenanya analis mesti melakukan ekspansi atau perluasan supaya lebih mudah dipahami. Dari diagram konteks diatas kita akan membuat diagram level 1.

Gambar 2. Diagram Level 1 
Diagram level 1 akam menunjukkan lebih jelas aliran data dan proses apa saja yang menanganinya, dalam diagram level 1 diatas juga memunculkan storage atau tempat penyimpanan data.
Dalam kasus ini dianggap level 1 sudah mencukupi, namun suatu ketika akan ada kasus dimana suatu proses dalam diagram level 1 belum jelas terlihat sehingga perlu di jabarkan lagi ke dalam diagram level 2.

baca juga :
Previous
Next Post »